Jurusan TKJ ..

Rabu, 21 November 2012

Apa itu JURUSAN TKJ ???

PENGERTIAN TKJ

Teknik komputer dan jaringan (TKJ) merupakan model pendidikan kejuruan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Teknik komputer dan jaringan saat ini keberadaannya sudah mulai terlihat dimata publik, dimana jurusan ini merupakan jurusan yang sudah mendekati ilmu praktisi yang langsung dapat diimplementasikan dilingkungan dunia kerja profesional. Menjalani jurusan teknik komputer dan jaringan tidak semudah yang dibayangkan oleh beberapa peminat khususnya calon siswa yang mendaftar pada jurusan ini. Jurusan Teknik komputer dan jaringan ini dapat dicapai dengan maksimal ketika ditunjang dengan bakat seseorang, disinilah letak persolan jurusan ini. Karena jika sesorang mengikuti program TKJ sementara jurusan ini tidak dapat dijiwai dengan baik maka akan terasa berat dalam hal implementasi dilapangan sementara promosi yang sudah ada dimata publik adalah jurusan yang sudah siap diimplementasikan dalam dunia kerja khususnya diperusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang Jaringan.
Menjadi satu kepuasan tersendiri jika jurusan ini dikembangkan berdasarkan bakat dan minat yang besar khususnya bagi siswa sekolah menengah kejuruan yang benar-benar ingin memiliki ilmu yang berkaitan dengan komputer dan jaringan. Disekolah yang setara dengan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) sudah mulai banyak yang melirik atau membuka peluang jurusan ini disebabkan karena perminataan pasar sudah mulai banyak, ada beberapa alasan utama mengapa jurusan ini diminati oleh pada siswa diantaranya :
1. Melihat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari bagi setiap orang yang dimana pekerjaannya sebagian besar menggunakan teknologi informasi misalnya Komputer, Handphone, IPOD dan lain sebagainya;
2. Transaksi bisnis saat ini rata-rata sudah bergantung kepada mesin-mesin yang bekerja selama 24 jam misalnya perusahaan-perusahaan Hosting, Bank, perusahaan yang bergerak dibidang Komunikasi sekalipun;
3. Setiap hari, setiap bulan dan tahun teknologi informasi berkembang tiada henti seiring dengan perkembangan jaman khususnya dijaman digitalisasi seperti sekarang ini;
4. Peluang kerja di era kedepan sudah dipastikan manusia dapat berinteraksi dengan mesin-mesin yang bekerja secara kontinyu, dimana manusia beperan sebagai kontrol terhadap mesin-mesin tersebut;
5. Dalam kehidupan sehari-hari manusia sudah sangat bergantung kepada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi baik itu dibigan usaha, ekonomi, perbankan, perindustiran, bahkan saat ini sudah mermbah kebidang pendidikan dan lain sebagainya.
Dari semua jabaran diatas sudah terlihat sangat jelas bahwa semua kegiatan sehari-hari tidak pernah telepas dari ilmu yang diterapkan dalam jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ), sehingga menjadi peluang basar bagi lembaga-lembaga yang bergerak dibidang pendidikan sangat berkeinginan untuk mengembangkan program TKJ lebih jauh lagi. Dalam kurikulum sekolah, jurusan TKJ pada umumya masih ditemui beberapa kendala-kendala baik secara teknis maupun non teknis dimana kasus yang paling umum adalah pelaksanaan kurikulum sering tidak capai target dimana penyebab utamanya adalah tenaga (SDM) yang disiapkan oleh lembaga belum siap dan ketersediaan infrastruktur lembaga pendidikan belum memadai dimana dalam kurikum sudah menuntut harus menyediakan fasilitas sarana dan prasarana infrastruktur yang mendukung agar dalam pelaksanaan kurikulum tidak mengalami hambatan tetapi pada kenyataannya tidak semua lembaga pendidikan memiliki sarana dan prasarana yang memadai sehingga siswa masih belum dapat menyerap dengan baik materi-materi yang diterapkan dalam kurikulum TKJ termasuk praktek yang menjadi bagian dari kurikulum.
Berdasarkan pengalaman dalam praktek kerja industri siswa yang melakukan magang pun masih belum memiliki kemapanan dalam mengimplementasikan ilmunya dalam dunia kerja yang diakibatkan keterbatasan pengetahuan yang dimiliki oleh pelaku magang, sehingga pada pelaku industri harus bekerja keras untuk memberikan ilmu yang seluas-luasnya kepada siswa magang terkait disamping harus melaksanakan pekerjaan rutinitas peruhsaan. Hal ini menjadi beban tersendiri bagi pelaku industri sebab harus memberikan kurikulum tambahan atau pelengkap dari kurikulum yang diterapkan oleh sekolah.
Salah satu solusi yang paling efektif saat ini adalah dengan jalan memberikan tambahan ilmu praktisi kepada siswa magang melalui bahan materi ajar dengan model pembelajaran jarak jauh atau e-learning yaitu dimana siswa mendapatkan bimbingan dan konsultasi langsung oleh tutor. Model e-learning sebenarnya mirim saja dengan model belajar konvensional hanya mekanisme kerjanya e-elearning menggunakan media internet sebagai peyampaian pesan atau modul ajar kepada siswanya.
Mengenai model belajar yang dimaksud materinya akan dibahas tersendiri dalam website ini dan pada prinsipnya model belajar yang diterapkan adalah model e-learning ( Pembelajaran jarak jauh ).

Apa itu jurusan TKJ ?


Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) adalah suatu jurusan yang terdapat di SMK/STM yang mempelajari seluk-beluk dunia komputer dan jaringan komputer, mulai dari cara instalasi SO (Sistem Operasi), menangani masalah pada PC, memperbaiki PC, membuat jaringan LAN atau yang lainnya, membuat WEB, dan masih banyak lagi.

Sekarang ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat populer/banyak peminatnya, meskipun banyak sekali saingan dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), jurusan Multimedia, dan lain-lain.

Jurusan TKJ sangatlah mudah untuk dipelajari hanya modal kemauan untuk belajar dan belajar. Saya juga dulu tidak tahu apa itu TKJ, tapi setelah sekolah di jurusan ini saya jadi banyak tahu mengenai bagaimana memperbaiki PC, menginstalasi Jaringan LAN maupun yang lainnya.

91 komentar:

  1. Bermanfaat ka ^_^ soalnya aku juga baru ngambil jurusan TKJ

    BalasHapus
  2. kalo jurusan yg kyak mbenerin hp,tv,alat komunikasi lainnya itu jurusan apa ya gan?

    BalasHapus
  3. kalo jurusan yg kyak mbenerin hp,tv,alat komunikasi lainnya itu jurusan apa ya gan?

    BalasHapus
  4. Jurusan tkj harus pinter matematika sama fisika ya kak?

    BalasHapus
  5. Jurusan tkj harus pinter matematika sama fisika ya kak?

    BalasHapus
  6. ngga harus pinter merakit computer atau benerin pehriperal komputer yang rusak sama jaringan inti nya....kalau software aplikasi dan perangkat lunak kaya bikin website ya urusan jurusan rekayasa prangkat lunak (RPL)

    BalasHapus
  7. Ea saya dah putuskan untuk mengambil jurusan TKJ soalnya dari kemaren2 aku lgi bingung mau ngambil jurusan apa ..
    makasih ya atas infonya mengenai TKJ

    BalasHapus
  8. tulisan nya jangan warna hijau broo susah baca nya
    terlalu terang sama kecil" tulisan nya

    BalasHapus
  9. jadi gimana bro saya boleh belajar dak sama bro dengan jurusan tkj bro .,

    BalasHapus
  10. Makasih ka,sangat bermanfaat,soal nya sya mau milih jurusan tkj:)

    BalasHapus
  11. Makasih gan atas info'a,kebetulan gan saya juga mw ngedaftar di smk mw ngambil jurusan TKJ,makasih gan,,semoga ilmunya tadi bermanfaat,,amin,,

    BalasHapus
  12. apakah tkj hanya untuk pc?
    komputer?

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. TkJ diperangkat kerasnya (Hardware). RPL diperangakat lunaknya (sofware)
      Klo setau saya bgtu

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Apa saja yg di butuhkan untuk mengambil jurusan TKJ

    BalasHapus
  16. .....mngnal sbgian tntang ..pljrn tkj

    BalasHapus
  17. kalau kita bisa ngutik ngutik komputer bikin web site dan bikin gambar itu jurusannya apa

    BalasHapus
  18. kalau kita bisa ngutik ngutik komputer bikin web site dan bikin gambar itu jurusannya apa

    BalasHapus
  19. gan kalau kita msuk di jurusan TKJ kita hrus mempelajari apa?

    BalasHapus
  20. bagi yang jurusanya tkj kunjungi juga
    http://solusibaguss.blogspot.com

    BalasHapus
  21. Makasih berita jadi tertarik masuk TKJ

    BalasHapus
  22. Bro klo msk tkj hrs pinter apa gan??? Trs prakteknya apa??

    BalasHapus
  23. terimakasih keren nih, mungkin anda juga bisa mengunjungu kumpulan materi tkj hanya disini >>> materi tkj

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Thanks,gan/sist kunjungi juga blog saya >>> https://ilhamuntung123.blogspot.co.id/?m=1

    BalasHapus
  27. Apakah kalo mengambil TKJ harus mempunyai alat elektronik (HP, Laptop, Komputer) juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung sekolanya
      Bisa alat elektronik dari sekolah yg sudah disiapkan bisa jg dari siswanya.

      Hapus
  28. Kalo masuk jurusan TKJ nanti bisa jadi Seorang Hackers gak?

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Ntar kalo udah lulus kerjanya apa ka..???

    BalasHapus
  31. terimakasih y kak, ini sangat bermanfaat buat saya..

    BalasHapus
  32. bermanfaat kah mengambil jurusan TKJ??

    BalasHapus
  33. Ka cara menjadi youtuber yang banyak subscribernya itu bagusnya masuk jurusan apa :-)

    BalasHapus
  34. Ka cara menjadi youtuber yang banyak subscribernya itu bagusnya masuk jurusan apa :-)

    BalasHapus
  35. Apakah di tkj ada mata pelpelaja matematika dan ipa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti ada karena itu pelajaran wajib yg akan ada di UN juga ☺

      Hapus
  36. Kalo tkj apakah ad pljrn ipa dan matematika?

    BalasHapus
  37. terimakasih untuk kalian yg comment/menanyakan diblog saya, maaf tidak bisa membalas satu persatu, ditunggu yak blog selanjutnya...

    BalasHapus
  38. Apa tkj semuan nya tentang mtk

    BalasHapus
  39. Bermanfaat sekali ka terimakasih banyak

    BalasHapus
  40. Kalo masuk jurusan TKJ bisa jadi hackers ga?

    BalasHapus
  41. Kalo masuk jurusan TKJ bisa jadi hackers ga?

    BalasHapus
  42. Ka,mau nanya sulit gk TKJ itu? Saya sih berencana mau masuk jurusan TKJ,tpi masih ragu bisa apa enggak ngejalanin jurusan TKJ nya

    BalasHapus
  43. saya gak punya komputer kak tapi saya ngerti part part komputer contohnya ram, prosesor, motherboard, dll bahkan saya ngerti cara merakit komputer
    masalahnya saya gak punya komputer di rumah apakah saya cocok masuk jurusan TKJ ? soalnya saya minder kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau belum tau tentang nama²dikomputer bisa belajar gk

      Hapus
  44. Wew makasih ya ini bermanfaat banget bagi saya.

    BalasHapus
  45. Gan klo sering utak utak isi HP, bongkar pasang data game, utak utak sistem tv sama DVD, buat blog.
    Itu masuk TKJ, RPL, atau multimed?

    BalasHapus
  46. Slots - Hotel, Casino & Gambling, Downtown Tulsa
    See what people are saying about Slots. By creating an account 하남 출장마사지 you are 공주 출장마사지 able to follow 서산 출장샵 friends 수원 출장샵 and experts you 춘천 출장마사지 trust and see the places they are

    BalasHapus